Jumat, 10 Mei 2013

HD 7990 (Re-Preview) Buat Hardcore Gamer

Assalamualaikum, udah pada sholat maghrib belum ni ?, hari ini ane mau ngeshare info tentang AMD RADEON HD 7990 yang kabarnya merupakan VGA Card tercepat di dunia.Kagak kebayang gimana performa VGA ini, beberapa waktu lalu AMD udah sempat, menggemparkan dunia gaming dengan mengeluarkan HD 7970, yang saat ini aja performanya udah diatas rata-rata, tapi karena disaingin si kubu IJO alian nVidia yang ngerilis GTX 690 (Titan), AMD kayaknya pengen balas dendam nih, langsung aja check it out !

Pada tanggal 24 April yang lalu, divisi graphics card AMD akhirnya merilis varian tertinggi sekaligus terkencang dari lini Radeon HD 7000. Mengusung nama Radeon HD 7990, graphics card ini dipersiapkan untuk menghadapi GeForce GTX 690 dan GTX TITAN di kelas enthusiast dengan kisaran harga $999. Graphics card ini memang sempat ditunggu kehadirannya tahun 2012 lalu karena biasanya AMD akan menghadirkan solusi dual-GPU di setiap generasi seri Radeon mereka.



Radeon HD 7990 memang membuat kami penasaran akan performanya terlebih jika dibandingkan dengan 2 graphics card andalan NVIDIA di kelas yang sama. Untunglah rasa penasaran kami akhirnya terobati dengan kedatangan Radeon HD 7990 ke lab pengujian kami. Sebelum melangkah ke artikel utama, silahkan simak terlebih dahulu gambaran singkat performa Radeon HD 7990 di bawah ini.

Sekilas Spesifikasi AMD Radeon HD 7990 

 

AMD Radeon HD 7990 diotaki 2 buah chip GPU Tahiti XT seperti ditemukan pada HD 7970 GHz Edition. Dua chip GPU tersebut membuat graphics card ini memiliki 4096 Stream Processor. Dengan kapasitas total memori sebesar 6GB, HD 7990 memang dipersiapkan untuk menjalankan game di resolusi gambar tinggi baik dengan konfigurasi single-monitor maupun multi-monitor Eyefinity. Radeon HD 7990 dilengkapi boost clock sebesar 1000 MHz dengan memori clock sebesar 6000 MHz.

Platform Pengujian

  • Prosesor: Intel Core i7 3960X @4.5 GHz
  • Motherboard: Intel Desktop Board DX79SI
  • Graphics Card: AMD HD 7990
  • Memory: 4x 2 GB Kingston HyperX blu. (@1600 MHz; 1.65 V)
  • Storage: Kingston HyperX SSD 128GB
  • Power Supply: Corsair AX1200
  • CPU Heatsink: Corsair H100 (Fan Speed Minimum)
  • Casing: Corsair 500R (All Fan On)
  • Monitor: LCD Monitor 1920×1080
  • Input: Generic Keyboard and Mouse
  • OS: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1
  • Driver : Catalyst 13.5 Beta 2
(*) Seluruh graphics card diuji pada setting default yang disediakan driver tersebut, pada versi tersebut.

Hasil Pengujian Sementara 

3DMark 11 
Setting: Performance Preset
3DMark Vantage 
Setting: Performance Preset
Pada grafik di atas terlihat konfigurasi 2 buah Radeon HD 7970 GHz Edition pada konfigurasi Crossfire menghasilkan performa lebih tinggi dibandingkan Radeon HD 7990. Meskipun begitu selisih performa tersebut hanya berkisar 5% pada 3DMark 11 dan 6% pada 3DMark Vantage. Perbedaan performa tersebut lebih disebabkan karena Radeon HD 7970 GHz Edition memiliki keunggulan di sisi nilai clock GPU.
Lalu bagaimanakah performa Radeon HD 7990 pada game yang beredar saat ini? Apakah konfigurasi dual-GPU ini akan selalu berjalan sukses di setiap game? Untuk saat ini kita simpan dulu jawabannya untuk artikel mendatang dengan pembahasan lebih lengkap.


amd-radeon-hd-7990

“AMD meluncurkan AMD Radeon™ HD 7990, kartu grafis tercepat di dunia yang didesain untuk gamer yang menginginkan pengalaman bermain game PC pada level tertinggi. Berbasis arsitektur AMD Graphics Core Next (GCN) dengan teknologi AMD Eyefinity di dalamnya, AMD Radeon HD 7990 menawarkan performa yang tak tertandingi dengan teknologi kelas dunia untuk dapat memainkan game-game terbaru berbasis DirectX 11 menggunakan resolusi ekstrem dengan menggunakan beberapa monitor sekaligus.
“Jika Anda menginginkan hal terbaik saat bermain game PC, pilihan yang paling tepat adalah kartu grafis Radeon HD 7990. Tidak ada kartu grafis lain di pasaran yang dapat menandingi pengalaman bermain game PC yang diberikan oleh Radeon™ HD 7990, dan kartu grafis ini sudah dioptimalisasi untuk memainkan delapan judul game kelas AAA yang juga dioptimalkan untuk arsitektur AMD Graphics Core Next,” ujar Matt Skynner, Corporate Vice President and General Manager, Graphics Business Unit, AMD. “Sekali lagi, AMD menggemparkan industri benchmark dengan kecanggihan teknologi grafisnya.”
AMD menekankan komitmennya untuk menawarkan pengalaman terbaik bermain game PC dengan memperkenalkan kartu grafis AMD Radeon™ HD 7990 yang hadir dengan bundling game kelas AAA dari program “Never Settle: Reloaded”. Sebagai tambahan dari judul game sebelumnya yang sudah dirilis, yakni “Crysis 3”, “Bioshock Infinite”, “Tomb Raider”, dan empat judul game lainnya, AMD akan turut menyertakan “Far Cry 3: Blood Dragon” yang dirilis oleh Ubisoft. Game baru ini juga akan disertakan sebagai ucapan terima kasih kepada semua pelanggan “Never Settle: Reloaded” dari AMD.
“Far Cry 3: Blood Dragon adalah game bergenre cyber shooter yang menyenangkan. Dengan cerita dan lingkungan yang realistis, kami rasa sudah saatnya untuk menyisipkan beberapa elemen robotik kuno ke dalam permainan,” ujar Dean Evans, creative director, Ubisoft. “Kerja sama Ubisoft dengan program Gaming Evolved dari AMD membawa judul game PC yang paling dicari saat ini dengan teknologi grafis yang paling canggih. Dengan teknologi AMD Radeon™, game-game andalan kami, termasuk Far Cry 3: Blood Dragon bisa dimainkan dengan kualitas dan performa seperti yang kami harapkan.”
Melanjutkan inovasi AMD dalam teknologi grafis memungkinkan enthusiast gamer untuk memainkan judul-judul game PC terbaru dan terpopuler dalam konfigurasi grafis maksimal, seperti TressFX Hair pada game Tomb Raider, atau bermain Crysis 3 dengan resolusi 4K. Secara mengesankan, GPU AMD Radeon™ HD 7990 terpilih saat EA menunjukkan game “Battlefield 4”, yang akan dirilis tahun 2013 ini.

Fitur dan kelebihan AMD Radeon™ HD 7990
  • Ultimate in Speed: Menggabungkan dua buah GPU dengan memori 6 GB DDR5, AMD Radeon™ HD 7990 adalah kartu grafis tercepat di dunia.
  • More screen, more pixel: Mendukung hingga enam monitor dengan teknologi AMD Eyefinity yang ideal untuk menampilkan game dalam resolusi Ultra HD 4K.
  • Silence is Golden: Saat penggunaan 100%, GPU AMD Radeon™ HD 7990 tiga kali lebih hening dibandingkan GPU sejenis lainnya

“Never Settle: Reloaded” is Now Overloaded
Dengan diluncurkannya AMD Radeon™ HD 7990, AMD menawarkan bundling game gratis terbesar sepanjang sejarah dengan delapan judul game:
  • Crysis 3
  • Bioshock infinite
  • Tomb Raider
  • DeusEx: Human Revolution
  • Sleeping Dogs
  • Hitman: Absolution
  • Far Cry 3
  • Far Cry 3: Blood Dragon
AMD Radeon™ HD 7990 akan segera tersedia di seluruh dunia dalam dua minggu ke depan dengan harga MSRP USD 999.”



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar